Cara Memulai Bisnis Online dari Nol. Buat Newbie.

Di era digital seperti saat ini, kesempatan untuk berbisnis begitu terbuka luas. Bisnis kini tidak hanya lagi milik sekumpulan orang dengan modal yang besar, melainkan juga dimiliki oleh mereka yang bermodal minim. Tak heran saat ini banyak anak muda yang sukses dengan startup mereka meskipun modal yang dimiliki tak seberapa. Ini semua terjadi karena satu alasan penting, yaitu mereka paham benar dengan cara memulai bisnis online dari nol.

Tahap demi tahap dalam mendirikan bisnis online yang sukses mereka lakukan dengan baik tanpa melewatkan satu pun. Alhasil, pada banyak kasus, bisnis online yang mereka dirikan mampu membuahkan hasil yang sesuai dengan ekspektasi. Nah, jika kamu ingin sama seperti mereka, maka kamu wajib membaca artikel ini sampai habis, ya. Pasalnya, berikut ini dijelaskan tentang 5 tahap dalam memulai bisnis online dari nol yang bisa kamu praktikkan sekarang juga. Yuk di simak!

  1. Cara memulai bisnis online dari nol dimulai dari melakukan penelitian pasar terlebih dahulu

Prinsip utama bisnis adalah memberikan solusi terhadap masalah yang ada di lapangan. Nah, akan sangat sia-sia dong jika kamu membuat bisnis yang orientasinya pada produk atau jasa yang permintaannya kecil atau tidak ada sama sekali. Hal ini akan membuang waktu, tenaga, dan uang kamu jika dilakukan. Itu sebabnya penelitian pasar sangatlah penting dilakukan dalam proses pendirian bisnis apapun bentuknya, termasuk bisnis online.

Apabila kamu berminat untuk mendirikan media online, kamu perlu tahu jenis media online seperti apa yang diinginkan oleh orang. Apakah jenis media yang menggunakan bahasa formal atau justru yang mengandalkan bahasa kasual? Kamu juga harus tahu target pasarmu itu seperti apa, usianya berapa, dan sebagainya. Semakin detail kamu melakukan penelitian pasar, maka semakin bijak pula kamu dalam membuat keputusan untuk melanjutkan pendirian ide bisnismu atau tidak. Oh ya, kamu juga bisa meminta pendapat konsultan bisnis lho, jikalau kamu merasa kesulitan.

  1. Tahap kedua adalah dengan mendirikan website yang berfungsi dengan baik

Setelah kamu melakukan penelitian pasar, maka langkah logis selanjutnya adalah dengan membuat website yang berfungsi dengan baik. Maksudnya adalah kamu harus memastikan terlebih dahulu bahwa website yang kamu buat itu sudah berfungsi dengan baik sebelum meluncurkannya ke publik.

Kamu pun tidak perlu mengelontorkan dana jutaan rupiah hanya untuk membuat website fungsional. Faktanya, uang 500 ribu rupiah yang kamu miliki itu sudah lebih dari cukup untuk membeli domain sekaligus menyewa hostingnya. Sementara untuk tata cara membuat website yang fungsional bisa kok kamu dapatkan di internet dengan mudah. Toh berkat internetlah istilah cara memulai bisnis online dari nol itu muncul.

  1. Pelajari pesaing kamu

Ingatlah, kamu bukan pemain satu-satunya dalam industri bisnis online yang akan kamu geluti. Banyak banget pesaing diluar sana yang juga menawarkan solusi yang serupa dengan apa yang kamu punya. Bahkan beberapa pesaing sudah jauh lebih dulu mendahului kamu. Sehingga dalam hal pengetahuan dan strategi bisnis, mereka tentunya jauh lebih unggul dari kamu.

Hal-hal seperti inilah yang perlu kamu antisipasi dengan cara mempelajari mereka. Pelajari cara dan strategi seperti apa yang digunakan oleh pesaingmu sehingga bisa terus mencetak keuntungan yang banyak. Adopsi cara mereka dan lakukan beberapa perubahan jika memungkinkan.

  1. Alokasikan dana yang cukup pada divisi pemasaran dan penjualan

Dua proses penting dalam bisnis terletak pada proses pemasaran dan penjualan. Oleh karena itu, kamu perlu memberikan perhatian khusus pada divisi pemasaran dan penjualan di bisnismu. Pasalnya, dua divisi tersebut bertanggung jawab langsung pada berapa banyak jumlah pemasukan yang bisa dihasilkan oleh bisnis kamu.

Oleh karena itu, alokasikanlah dana yang cukup pada kedua divisi tersebut untuk mendukung seluruh kegiatan operasionalnya. Khusus bagian pemasaran, alokasikanlah dana yang cukup untuk membiayai iklan di platform sosial media seperti facebook, instagram, twitter, dan lainnya. Atau kamu juga bisa beriklan murah melalui platform Google Ads.

  1. Berusahalah semaksimal mungkin

Kamu tidak pernah tahu apa yang bisa kamu hasilkan dari usaha kamu yang maksimal. Ingatlah bahwa hasil tidak pernah mengkhianati proses. Kamu tidak usah memperdulikan pendapat orang lain yang membuat kamu tidak bersemangat dalam mengembangkan bisnis online yang kamu geluti. Sebaliknya, gunakan pendapat negatif mereka itu sebagai api penyemangat untuk terus berusaha dan berjuang melalui berbagai macam rintangan yang menghambat.

Jadi, bagaimana? Kamu sudah cukup paham bukan tentang cara memulai bisnis online dari nol? Sekarang, tinggal tugasmu untuk mempraktikkan apa yang sudah kamu pelajari dari artikel ini. Jadilah kamu entrepreneur yang cerdas, berkarakter pantang mundur, dan bisa membanggakan kedua orang tuamu. See you on top!