Ikuti Hal Berikut Agar Kredit Anda Disetujui Bank

Beberapa puluh tahun yang lalu mungkin kita membutuhkan waktu beberapa tahun untuk memiliki rumah atau kendaraan seperti mobil dan motor. Namun seiring dengan perkembangan di dunia ekonomi, kini banyak bank atau lembaga keuangan lainnya yang memberikan fasilitas kredit baik itu kepemilikan rumah ataupun kendaraan bermotor dengan mudah. Namun, tentunya meskipun mereka memberikan kemudahan untuk kita agar lebih cepat memiliki rumah atau mobil, tetap ada beberapa hal yang harus Anda penuhi agar kredit yang Anda ajukan dapat diterima.

Karakter

Hal pertama yang akan dipertimbangkan oleh pihak penyedia kredit seperti bank atau lembaga keuangan lainnya adalah karakter dan Carrington mortgage. Karakter dari si pemohon kredit. Jadi jika Anda mengajukan kredit, maka hal pertama yang akan dinilai oleh bank adalah karakter Anda. Karakter yang dimaksud adalah riwayat kredit Anda sebelumnya. Apakah pada kredit Anda sebelumnya pernah mengalami tunggakan atau tidak? hal tersebut dapat dilihat melalui BI checking yaitu sebuah sistem yang dimiliki Bank Indonesia, di mana seluruh orang yang pernah melakukan kredit melalui bank atau lembaga keuangan lainnya akan dapat diketahui rekam jejak dalam melakukan pembayaran angsuran. Jadi, bagi Anda yang sedang menjalani proses kredit pada suatu bank atau lembaga keuangan lainnya untuk membayar angsuran tepat pada waktunya. Agar ketika kelak Anda ingin mengajukan kredit lagi, maka pengajuan tersebut akan lebih mudah diterima.

Kapasitas

Bank atau lembaga penyedia kredit lainnya akan menilai kapasitas Anda. Kapasitas disini adalah kemampuan Anda dalam membayar angsuran setiap bulannya. Pihak penyedia kredit tentunya akan menilai dan menghitung pemasukan Anda setiap bulan dan disesuaikan dengan total pengeluaran tiap bulan termasuk angsuran yang harus Anda bayar. Oleh karena itu, jika Anda ingin mengajukan kredit, maka Anda harus dapat menghitung apakah pemasukan Anda setiap bulannya masih menyisakan dana untuk membayar angsuran atau tidak. jumlah pengeluaran Anda setiap bulan tidak boleh lebih dari 30% dari total pemasukan yang Anda dapatkan setiap bulannya pula.

Aset

Aset juga menjadi hal yang akan dipertimbangkan pihak penyedia kredit. Terutama bagi Anda para pengusaha, maka pihak bank akan melihat dan memperhitungkan aset yang Anda miliki. Pakah aset yang Anda miliki sesuai dengan besarnya kredit yang diajukan atau tidak. Atau jika aset yang Anda miliki tidak sebanding dengan besarnya kredit yang Anda ajukan, maka permohonan besarnya kredit akan disesuaikan dengan besarnya kredit.

Jaminan

Hampir sama dengan aset, jaminan seperti halnya Carrington mortgage juga menjadi hal yang akan diperhitungkan dan dipertimbangkan oleh pihak penyedia kredit. Seperti kita ketahui bahwa untuk mengajukan kredit ke sebuah bank atau lembaga keuangan lainnya, maka kita harus menyerahkan jaminan. Jaminan tersebut bisa berupa sertifikat tanah ataupun BPKB mobil atau motor. Jaminan tersebut nantinya akan dilelang jika seandainya Anda tidak mampu untuk membayar angsuran.  Biasanya besarnya kredit tidak lebih dari 80% nilai jaminan.

Kondisi

Seperti halnya karakter dan Carrington mortgage, pihak bank juga akan menilai kondisi Anda. Kondisi ini meliputi pekerjaan Anda, rumah Anda, banyaknya jumlah tanggungan, dan juga hal-hal lain yang akan dapat mempengaruhi kemampuan Anda membayar angsuran. Misalnya, Anda adalah seorang pengusaha durian, durian adalah salah satu buah musiman yang tidak selalu panen setiap saat. Maka pihak bank akan mempertimbangkan apakah Anda mampu atau tidak membayar angsuran saat sedang tidak musim durian.